Kemenhub Imbau Pemudik juga Manfaatkan Rest Area di Luar Tol

oleh

Jakarta – Kementerian Perhubungan () mengimbau kepada para tak hanya memanfaatkan rest area yang berada di tol. Kemenhub mengimbau agar pemudik juga memanfaatkan rest area di luar tol.

“Jadi kita ingin mengajak masyarakat untuk memahami bahwa rest area itu tidak hanya rest area yang ada di jalan tol. Jadi harapan kita, masyarakat tidak berspekulasi kalau Km (Kilometer) 19 penuh atau Km 57 penuh, kemudian nanti sampai kilometer berikutnya. Jangan berspekulasi, ‘Saya istirahat di rest area berikutnya’. Tapi keluarlah ke exit tol terdekat dari rest area penuh itu,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Resto Bumbu Desa, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

Hal tersebut, menurut Budi, sebagai bentuk pengoptimalan rest area. Dia yakin tidak ada istilah kekurangan jumlah rest area.

“Kalau begini polanya, menurut saya, tidak ada istilah kekurangan. Karena masyarakat akan mengalah sedikit untuk keluar (tol), kemudian masuk kembali. Itu berikutnya yang akan kita lakukan, mengoptimalkan rest area,” katanya.

Selain itu, Budi menjelaskan, untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di rest area tol, pihaknya telah membuat zonasi. Zonasi tersebut berbentuk jalur-jalur kendaraan di dalam rest area.

“Yang pertama dengan dibuat zonasi di dalam rest area termasuk jalurnya, termasuk parkirnya. Mana jalur yang untuk membeli bensin, mana jalur kendaraan besar, mana jalur kendaraan kecil,” imbuhnya.

Jalan tol memang diprediksi bakal menjadi jalur idola para pemudik tahun 2019. Apalagi ada rencana pemberlakuan one way atau jalur searah saat mudik Lebaran nanti.

Sebagai panduan bagi masyarakat, merangkum informasi terkini lokasi rest area dan SPBU di jalan tol dalam infografis di bawah ini:

Kemenhub Imbau Pemudik juga Manfaatkan Rest Area di Luar TolLokasi SPBU di tol (Mindra Purnomo/)

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!