Ikapi Bagikan Ribuan Buku untuk Pemudik

oleh

Jakarta –

Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) bekerja sama dengan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud serta Perpustakaan Nasional mendonasikan ribuan buku untuk para pemudik.

Sebagai langkah awal, dengan temaMudik Asyik Baca Buku’, ketiga pihak tersebut akan membagikan 5.000 buku di lima titik keberangkatan pemudik di Jakarta, yaitu Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Pulogebang, Stasiun Senen, dan Stasiun Gambir pada 27, 28, dan 29 Mei 2019.

Pencanangan gerakan donasi buku tersebut berlangsung di Perpustakaan Nasional pada Jumat (17/5). Momen tersebut dipilih karena bertepatan dengan Hari Buku Nasional sekaligus ulang tahun ke-69 Ikapi dan hari jadi ke-39 Perpustakaan Nasional.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Ikapi Rosidayati Rozalina; Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Prof Dr Dadang Sunendar; dan Deputi II Perpustakaan Nasional Woro Titi Haryanti.

Sebagian buku untuk para pemudik tersebut berasal dari sumbangan penerbit-penerbit anggota Ikapi. Sebagian lagi merupakan hasil pengadaan Pusat Perbukuan. Ikapi mengajak anggotanya berpartisipasi dalam kegiatan itu.

“Buku-buku tersebut akan diberikan kepada siapa pun yang menginginkannya tapi tidak untuk dibawa kembali ke Jakarta pascamudik. Silahkan ditinggal di kampung halaman para pemudik,” kata Rosidayati.

Dengan demikian, ia melanjutkan, buku-buku tersebut diharapkan dapat tetap menjadi bahan bacaan masyarakat di tempat tujuan mudik.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!