Cegah Cacar Monyet Masuk Jatim, Bandara Juanda Dipasang Thermoscanner

oleh

Surabaya – Masyarakat Indonesia sempat digegerkan virus yang terjadi di Singapura. Sejumlah antisipasi pun dilakukan agar virus ini tak masuk ke Indonesia.

Antisipasi ini juga dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim. Kadinkes Jatim Kohar Hari Santoso mengatakan pihaknya tak ingin virus ini merambah hingga masuk ke Jatim.

Untuk itu, di Bandara Juanda telah disiapkan Thermoscanner atau alat pendeteksi dini suhu tubuh. Nantinya, setiap orang yang baru datang dari luar negeri akan diperiksa.

“Mereka yang baru datang dari luar negeri di Bandara Juanda kami periksa. Kantor kesehatan pelabuhan juga sudah lakukan upaya itu,” ujar Kohar saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (16/5/2019).

Kohar menambahkan telah ada tiga alat Thermoscanner yang dipasang di Bandara Juanda. Menurutnya, tiga alat tersebut dirasa cukup. Ketiganya disiagakan di kedatangan pintu kedatangan luar negeri.

“Semuanya itu disiagakan di kedatangan luar negeri di Bandara Juanda,” imbuh Kohar.

Sampai saat ini, Kohar memastikan belum ada warga Jawa Timur yang terpapar cacar monyet. Kendati demikian, pihaknya akan terus melakukan antisipasi.

“Tapi memang harus diantisipasi dengan upaya teman di kantor kesehatan pelabuhan (KKP) di perbatasan negara itu kami tingkatkan,” lanjutnya.

Tonton video Kenali Gejala dan Waspada Cacar Monyet:

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!