Darimana Asal Nama Pusakata?

oleh

Jakarta – Mohammad Istiqamah Djamad atau Is selama ini dikenal dengan nama panggung . Dalam sebuah wawancara dengan , ia bercerita nama tersebut diambil dari nama anaknya.

Akan tetapi sebelumnya, nama tersebut telah lebih dulu disebut oleh anak pertamanya dalam sebuah gumaman yang kemudian ia anggap sebagai petunjuk.

“Waktu itu gue baru punya dua anak, salah satu anak gue, Jingga pas itu masih lima tahun. Suatu hari gue lagi ngajar, tiba-tiba istri gue cerita si Jingga duduk di atas kasus, kakinya diayun terus sambil nyengir, dia bilang katanya akan punya adik laki-laki namanya Pusakata,” cerita Is.

Tak lama setelah gumaman anaknya itu, istrinya benar-benar Hamil anak laki-laki.

Dalam bahasa Makassar, ‘Pusakata’ artinya sesuatu milikmu yang berharga. Sedangkan dalam bahasa Bugis, pusa berarti bingung.

“Gue suka bingung, karena gue jadi mencari dalam kebingungan,” ungkapnya.

Ketika hendak mencari nama panggung untuk proyek musik solonya, ide memakai nama Pusakata pun muncul dari anaknya. “Dia lagi yang ngomong, ‘Pa Pusakata aja bagus kok’,” kenang Is.

Menurutnya, apa yang dialaminya hingga menemukan nama Pusakata itu merupakan petunjuk dari Tuhan yang hanya bisa dirasakan apabila dirinya peka memaknainya.

“Hebat banget Yang Di Atas ngasih petunjuk. Kalau gue nggak pandai melihat dan membaca itu kayanya gue kehilangan hal yang ketika dihitung dengan kalkulator nggak akan ketemu. Kalau itu kan sudah tentang pemakluman dan keinginan lo untuk peka sama tanda di sekitar lo,” katanya.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!