Mendagri Dukung Gelaran Rakernas Apeksi di Semarang

oleh

Uri.co.id, Jakarta Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyatakan dukungannya untuk penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Menurut rencana, Rakernas akan digelar di Semarang, Jawa Tengah, pada 2-5 Juli 2019.

Hal itu dikatakannya saat menerima Audiensi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Gedung A Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (16/05/2019).

“Kemendagri mendukung penuh Rakernas Apeksi, semoga nantinya berjalan lancar dan tidak ada kendala,” kata Tjahjo.

Tema Rakernas Apeksi tahun 2019 adalah “Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintah Daerah untuk Mendukung Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah.” Ketua Apeksi yang juga Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengatakan, Rakernas nantinya akan menghadirkan Presiden Joko Widodo sebagai Keynote Speaker (Pembicara Kunci) dengan 3 (tiga) narasumber Menteri lainnya sebagai bentuk peningkatan kapasitas kinerja pemerintahan kota.

“Presiden biasanya tiap tahun hadir, tahun ini juga kami sudah kirimkan ke Istana suratnya, semoga beliau berkenan hadir dan menjadi Keynote Speaker. Selain itu juga, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan MenPAN-RB Syafruddin. Semoga narasumber yang kami hadirkan termasuk Pak Mendagri dapat memperkaya dan memperkuat kinerja masing-masing,” terang Airin.

Tak hanya itu, dalam rangkaian acara Rakernas juga akan disertakan pawai budaya melalui Asistensi Kementerian Pariwisata sehingga diharapkan dapat lebih menggali potensi pariwisata Kota Semarang sebagai tuan rumah.

“Kami juga akan mengadakan pawai budaya melalui asistensi Kemenpar. Walikota Semarang juga sudah mengundang negara lain agar acara ini mendapatkan multiplier effect (efek berganda) dan bisa lebih menggali potensi pariwisata Kota Semarang,” kata Airin.

Sebelumnya, Kota Palu ditunjuk menjadi tuan rumah APEKSI 2019, namun karena musibah tsunami yang menimpa kota ini, Kota Semarang pun kemudian dipilih setelah menyatakan kesiapsediaannya untuk menggelar Rakernas APEKSI 2019.

“Sebelumnya rencana digelar di Palu, namun karena musibah, Pemerintah Kota Palu menyatakan ketidaksiapannya karena butuh recovery (pemulihan) selama 2 (dua) tahun. Akhirnya, Kota Semarang yang dipilih setelah sebelumnya menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah,” tutup Airin.

(*)

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!