Demi Mudik Lancar, Tol Semarang-Solo Tambah 20 Gardu Pembayaran

oleh

Kabupaten Semarang – Trans Marga Jawa Tengah (TMJ) menggenjot persiapan sarana penunjang kelancaran arus mudik 2019. Bentuk persiapan itu seperti penambahan puluhan gardu pembayaran di ruas tol Semarang-Solo.

“Saat ini penambahan alat pembayaran nontunai sebanyak 8 gardu untuk entran. Sedangkan exit ada 12 gardu. Semuanya kami pasang di Pintu Tol Banyumanik. Secara teknis, tambahan gardu ini kami buat miring sehingga akan ada perubahan saat proses pembayaran, yakni pengguna tol dengan kendaraan kecil berada di sebelah kiri dan kendaraan besar dapat menggunakan gardu lama,” jelas Asisten Manajer TMJ, Sugiono, Kamis (16/5/2019).Tujuan pemasangan gardu tambahan tersebut adalah memperlancar arus mudik 2019. Terlebih, Semarang adalah titik pertemuan arus dari Jakarta menuju Surabaya.

“Prediksi kami peningkatan pengguna jalan tol akan mencapai angka 11% lebih banyak dari tahun lalu. Baik itu arus mudik maupun arus balik. Terutama di pintu tol Banyumanik (Semarang) yang menjadi titik temu bagi pemudik dari pantura maupun dari Jawa Timur,” jelas Sugiono.

Demi Mudik Lancar, Tol Semarang-Solo Tambah 20 Gardu PembayaranPenambahan Gardu pembayaran Tol Semarang-Solo (Foto: Dok. TMJ)

Dari data yang dihimpun pada arus mudik tahun lalu, tercatat mulai dari H-7 hingga H+7 melayani lebih dari dua juta kendaraan. Hal ini menjadi catatan penting bagi pengelola tol untuk mengantipasi kepadatan antrean kendaraan.

“Tahun lalu kami melayani 2.000.136 kendaraan, dan pasti akan mengalami kenaikan pada tahun ini, prediksi kami hingga 11%. Sedangkan puncak arus mudik akan terjadi diantara H-3 atau H-2 lebaran,” tandas Sugiono.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!