‘Brightburn’ Ubah Formula Film Superhero

oleh

Jakarta –

‘Brightburn’ berhasil mengadopsi genre superhero dengan formula film horor. Film tersebut membawa pertanyaan, bagaimana jika seorang anak alien; Brandon Breyer datang ke Bumi namun berasal dari ras yang tidak memiliki belas kasih?.

‘Brightburn’ disutradarai oleh David Yarovesky dan langsung mendapat perhatian besar akhir tahun lalu ketika James Gunn turun tangan untuk memproduseri film tersebut.

Semakin sulit untuk tidak mengaitkan ‘Brightburn’ dengan Superman, terutama ketika keduanya sama-sama diadopsi oleh petani dan memiliki kekuatan yang sama. ‘Brightburn’ sendiri memberikan kesempatan unik untuk memecahkan karakter Brandon dan menjelajahi formula baru melalui lensa horor.

‘Brightburn’ sebenarnya bukan yang pertama membawa genre superhero ke sisi yang lebih helap. Sebelumnya ada ‘Swamp Thing’ (1982), ‘The Crow’ (1994), ‘Spawn’ (1997), ‘Blade’ (1998), ‘Hellboy’ (2004), ‘Constantine’ (2005), ‘Ghost Rider’ (2007), ‘Venom’ (2018) dan semua sekuelnya masing-masing memiliki pengaruh horor yang terkenal.

Namun, horor merupakan bagian sekuender dari film-film tersebut. Bahkan hanya mendapat porsi kecil. Sementara ‘Brightburn’ didominasi oleh genre horor yang kejam dan sadis.

Film ini sekali lagi membuktikan bahwa genre horor tidak mengenal batas dan membentuk kembali film-film horor ikonik seperti ‘Scream’ (1996), ‘Resolution’ (2012) dan ‘Mandy’ (2018).

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!