Ramp Check Angkutan Lebaran di Terminal Blitar, Ditemukan 208 Pelanggaran

oleh

Blitar – Petugas dari Kementerian Perhubungan di Terminal Type A Patria Kota Blitar setiap hari melakukan ramp check armada bus. Terlebih menjelang masa angkutan lebaran 2019. Hasilnya, ditemukan sebanyak 208 pelanggaran yang didominasi oleh bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Jumlah 208 pelanggaran itu dengan rincian, sebanyak 134 pelanggaran ditemukan selama bulan April 2019. Dan sebanyak 74 pelanggaran ditemukan sejak tanggal 1 sampai 15 Mei 2019.

“Untuk terminal type A, memang standart operasional ramp check harus dilakukan setiap hari. Apalagi ini memasuki masa angkutan lebaran, maka frekuensi pemeriksaan menyeluruh kami tingkatkan kualitas maupun kuantitasnya,” kata Kepala Terminal Type A Patria Kota Blitar, Verie Sugiharto pada , Kamis (16/5/2019).Verie menambahkan, pelanggaran memang didominasi bus AKAP. Hanya dua bus AKDP yang ditemukan melanggar kelaikan jalan bagi moda transportasi umum. Pelanggaran itu berupa tidak memenuhi persyaratan teknis dan tiket tidak sesuai.

Sedangkan jenis pelanggaran yang banyak ditemukan yakni kartu pengawasan menyimpang, masa berlaku kartu pengawasan telah habis, dan Surat Tanda Uji Kendaraan (STUK) tidak ada.

“Pelanggaran itu kebanyakan menyalahi jalur trayek. Jadi seharusnya bus AKAP itu tidak lewat sini. Tapi karena banyak penumpang dari sini atau nyegat di sini, mereka jadi melanggar dengan melewati jalur yang bukan rutenya,” ungkapnya. Yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelanggaran itu ada yang ditilang sebagai sanksi administratif. Petugas Terminal Type A Patria Kota Blitar telah bekerja sama dengan pihak kepolisian sektor setempat untuk melakukan penilangan.

“Yang berwenang menindak itu Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Sampai saat ini terminal sini belum ada tenaga itu. Sehingga kami bekerja sama dengan Kanit Lantas Polsek Sanan wetan untuk menilang. Seperti hari ini yang ditilang Bus Gunung Harta untuk pelanggaran penyimpangan Trayek atau KP,” pungkasnya.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!