Persipura Jayapura: Bangkit Sekarang atau Makin Nyaman di Dasar

oleh

Jakarta – harus bangkit di. Jika tidak, bisa-bisa Mutiara Hitam akan kian nyaman di papan bawah.

Persipura menunjukkan laju kurang sip pada dua musim terakhir. Finis di peringkat keenam pada Liga 1 2017, Persipura malah kian turun di musim berikutnya, pada peringkat ke-12.

Tamparan paling baru didapatkan Persipura di Piala Presiden 2019. Mereka gagal melewati fase grup.

Hasil akhir itu menjadi wajah berbeda Persipura. Tim yang bermarkas di Stadion Mandala itu konsisten di papan atas dalam periode 2008-2014.

Mampukah Persipura bangkit musim ini?Pelatih Baru untuk Persipura, Wajah Lama di Sepakbola Indonesia

Luciano Leandro, pelatih Persipura JayapuraLuciano Leandro, pelatih Persipura Jayapura (ketiga dari kiri) (Alberth Matatula/)

Persipura musim ini ditangani Luciano Leandro. Dia sosok baru di Persipura, namun tak asing di liga sepakbola Indonesia.

Luciano, yanng direkrut Persipura pada 22 Januari 2019, merupakan salah satu pemain asing di liga Indonesia di tahun 1990-an. Berperan sebagai gelandang serang, dia menjadi pemain penting Persija pada musim 2001. Dia turut mengantarkan Persija menjadi juara liga kala itu.

Selain mengenakan jersey Persija, Luciano pernah bergabung dengan PSM Makassar. Dia melanjutkan karier sebagai pelatih di klub berjuluk Juku Eja itu.

Bersama Persipura, Luciano mengawali dengan hasil kurang sip. Dia membuat Persipura tersingkir di fase grup Piala Presiden 2019 sebagai juru kunci.

Di ajang itu, Persipura menang dua kali dan kalah sekali tapi kalah dalam selisih gol dari peringkat ketiga, Arema FC, dan kalah poin dari Madura United dan PS TIRA Persikabo. Persipura hanya bsia mencetak lima gol, tapi kebobolan empat gol di turnamen pramusim itu.

Mengandalkan Pemain-pemain Senior

Persipura mempertahankan pemain senior, seperti Boaz Solossa dan Ricardo Salampessy, yang sekaligus bertindak sebagai kapten dan wakilnya.

Kendati sudah berusia 33 tahun, Boaz masih rutin menjadi starter musim lalu. Soccerway mencatat Boaz tampil 2.063 menit sepanjang musim dan tampil sebagai starter dalam 24 pertandingan dengan berkontribusi mencetak 11 gol.

Boaz juga tak mandul di Piala Presiden 2019. Dari lima gol yang dikoleksi Persipura, Boaz mendonasikan dua di antaranya.

Salampessy juga boleh dibilang belum tergantikan. Bek 35 tahun itu bermain dalam 25 pertandingan musim lalu.

***

Persipura akan menjalani laga perdana di Liga 1 2019 menghadapi Persib Bandung. Laga itu digulirkan Sabtu (18/5/2019) di Stadion si Jalak Harupat.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!