Mudik, Naik Bus Blitar-Surabaya Sekarang Bisa Ditempuh 3 Jam

oleh

Blitar – Kabar gembira untuk pemakai moda transportasi bus antar kota dalam provinsi (AKDP) di Blitar. Sekarang, perjalanan dari Blitar ke Surabaya memakan waktu sekitar tiga jam.

Trayek baru bus non ekonomi via tol ini, menjadi solusi layanan transportasi masyarakat mengatasi lonjakan penumpang jelang lebaran. Juga alternatif lain untuk menghindari kemacetan lalu lintas di wilayah Malang.

Tak hanya bus AKDP jurusan Blitar-Surabaya, namun juga ada trayek baru bus jurusan Blitar-Malang Arjosari. Trayek baru yang dilewati melalui jalur lintas selatan atau Kanigoro ini, memangkas waktu perjalanan satu jam lebih cepat dibandingkan melewati jalur Wlingi.

Terminal Type A Patria Kota Blitar menambah dua trayek bus AKDP non ekonomi ini sejak 23 Maret 2019 lalu. Masa percobaan selama kurang lebih satu bulan, ternyata mendapat animo positif warga Blitar. “Penambahan trayek ini untuk menjawab permintaan penumpang yang cenderung naik setiap bulan. Jadi ada sebanyak 31 armada bus AKDP untuk trayek baru itu. Masing-masing sebanyak 17 bus untuk trayek Blitar-Jombang-Wates-Surabaya via tol. Dan untuk Blitar-Kanigoro-Malang Arjosari sebanyak 14 armada,” jelas Kepala Terminal Type A Patria Kota Blitar, Verie Sugiharto kepada , Kamis (16/5/2019).

Karena dua trayek ini non ekonomi, lanjut Verie, maka tarif yang diberlakukan otomatis lebih tinggi dari tarif bus ekonomi. Untuk Blitar- Surabaya tarifnya sebesar Rp 40.000, sedangkan Blitar-Malang Arjosari sebesar Rp 25.000.

“Sampai saat ini tarif promo masih diberlakukan untuk trayek Blitar-Surabaya via tol. Tapi seminggu ke depan kemungkinan besar sudah naik mengikuti tarif baru angkutan mudik,” imbuhnya.

Menurut Verie, soal besaran kenaikan tarif bus non ekonomi tidak diatur dalam Permenhub. Karena aturan tuslah angkutan lebaran, hanya berlaku bagi bus ekonomi saja. Sedangkan jadwal keberangkatan bus Blitar-Surabaya via tol dimulai sejak pukul 02.55 wib sampai pukul 17.55 wib. Jeda keberangkatan tiap bus, hanya 30 menit. Sementara untuk bus Blitar-Malang Arjosari non ekonomi akan berangkat setiap satu jam, selama 24 jam non stop.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!