Masjid Terapung Gedebage Bakal Jadi Ikon Terbaru Kota Bandung

oleh

Uri.co.id, Jakarta – Jawa Barat akan segera mempunyai besar dan megah yang bakal menjadi tujuan banyak wisatawan. Namanya Masjid Agung Al-Jabbar. Adapun, nama Al Jabbar dipilih dari salah satu diantara 99 Asmaul Husna yang artinya Maha Gagah, Maha Kuasa.

yang sedang dibangun ini diperkiraka berkapasitas 60 ribu jamaah dan terletak di kelurahan Cimenerang, kecamatan Gedebage, kota Bandung.

Peletakkan batu pertama dilakukan pada 29 Desember 2017 oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat ketika itu, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar.

Masjid ini dibangun di atas danau buatan, sehingga sering disebut juga dengan Masjid Terapung Gedebage. Dilansir dari dream.co.id dan berbagai sumber lainnya, masjid ini juga akan dilengkapi beragam fasilitas untuk kegiatan dakwah Islam seperti museum.

“Nanti di sini bisa untuk manasik, ada juga Museum Asmaul Husna, Museum Nabi Muhammad SAW, sejarah Islam Indonesia, sejarah Islam Jabar. Ada juga tempat untuk menginap, pelatihan, perpustakaan, pertemuan dan seminar,” ujar Ahmad Heryawan pada 2017.

megah ini dibangun menggunakan APBD Jawa Barat 2017, jumlahnya diperkirakan mencapai Rp 600 miliar sampai Rp 1 triliun.

Rampung pada 2020

Desain Masjid Terapung Gedebage di Bandung. (dok.Instagram @infobandung/https://www.instagram.com/p/BwRO23alfiC/Henry

Selain dimanfaatkan untuk membangun masjid, danau buatan ini juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Bandung setara 15 meter kubik per detik.

Ada 21 hektare total lahan yang dibebaskan, 10 hektare di antaranya digunakan untuk badan air danau buatan Gedebage dengan kedalaman 3 meter dan bisa menampung air hujan.

Masjid yang diyakini bakal menjadi ikon terbaru kota Bandung ini diperkirakan baru akan rampung dan diresmikan pada 2020.

Masjid ini juga dekat dengan berbagai sarana transportasi, salah satunya Stasiun Cimekar, jalur yang akan dilewati kereta cepat Jakarta-Bandung, dan rencana stasiun LRT kota Bandung.

Masjid ini juga direncanakan akan menjadi pusat kesekretariatan ormas Islam di provinsi Jawa Barat dan museum AlQuran.Danau buatan yang dibangun paralel dengan pembangunan masjid juga memiliki fungsi pengendali banjir, sumber air, dan konservasi habitat

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!