Ajax Juarai Eredivisie 2018/2019

oleh

Doetinchem – memastikan gelar juara 2018/2019. Menyusul kemenangan atas tim papan bawah De Graafschap dengan skor 4-1 di pekan terakhir.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion De Vijverberg, Kamis (16/5/2019) dinihari WIB, striker Ajax Dusan Tadic mencetak sepasang gol di babak kedua. Lasse Schone dan Nicola Tagliafico menambahkan masing-masing satu gol, sedangkan gol balasan tim De Graafschap dibuat Youssef El Jebli di akhir babak pertama.

Dengan hasil ini, De Godenzonen menyudahi kompetisi dengan keunggulan tiga poin atas rival terdekatnya, PSV Eindhoven. Ajax melengkapi suksesnya di level domestik setelah sebelumnya merebut Piala KNVB.

Gelar ini adalah gelar juara Eredivisie ke-34 dalam sejarah Ajax, atau yang pertama sejak terakhir kali juara pada musim 2013/2014.Ajax dan PSV sempat bertarung ketat dalam beberapa pekan terakhir. Akan tetapi, kekalahan PSV di kandang AZ 0-1 pada akhir pekan lalu membuat Ajax dalam posisi sangat diuntungkan dalam persaingan.

Pasukan besutan Erik ten Hag itu kemudian unggul tiga poin dari PSV dengan selisih gol yang besar (14), memasuki pertandingan terakhir.

Di klasemen akhir, Ajax mengoleksi 86 poin dengan mencetak 119 gol dalam 34 pertandingan. PSV di peringkat kedua usai mengumpulkan 83 poin untuk bergabung dengan Ajax ke Liga Champions musim depan.Posisi ketiga dihuni Feyenoord setelah menggasak Fortuna Sittard 4-1 untuk memperoleh 65 poin akhir.

Laga melawan De Graafschap turut menandai pertandingan terakhir Frenkie de Jong dalam kostum Ajax. Di musim depan, gelandang muda Belanda itu akan bergabung Barcelona.

Bek muda Matthijs de Ligt juga tengah dihubung-hubungkan dengan kepindahan dari Johan Cruyff Arena di musim panas. De Ligt dikabarkan sedang diburu Manchester City, Manchester United, Barcelona, dan Liverpool.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!