Nikmatnya Ngabuburit di Curug Kaliurip Purworejo

oleh

Purworejo – Biar ngabuburit tak monoton, datanglah ke tempat wisata di Purworejo, Jawa Tengah yang satu ini. Selain bisa menikmati indahnya panorama sambil menunggu waktu berbuka puasa, pengunjung bisa belajar membatik, membuat wayang, olah raga panahan dan berfoto selfie sepuasnya di spot cantik yang ada.

Ya, di objek wisata Curug Kaliurip ini memang cocok bagi para traveler yang ingin ngabuburit sambil berwisata sekaligus belajar. Air terjun yang masih alami tersebut terletak di Desa Kaliurip, Kecamatan Kemiri atau sekitar 19 km ke arah barat laut dari pusat Kota Purworejo.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa menempuhnya hanya dengan waktu sekitar 35 menit dari Alun-alun Kota Purworejo. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter, objek wisata alam ini menawarkan air terjun yang cantik dengan suasana sejuk dan asri di kawasan Pegunungan Kemiri.

Tidak hanya menikmati air terjun, pengunjung bisa belajar membatik, membuat wayang, olah raga panahan dan berfoto selfie sepuasnya di spot-spot cantik yang ada sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Camping ground, saung, aula, toilet, warung makan hingga musala juga tersedia di area ini.

Kegiatan belajar membatik dan lain-lain sengaja disediakan oleh pengelola untuk menarik minat pengunjung terutama di bulan Ramadhan. Belajarnya pun tak perlu bayar alias gratis dan semua peralatan sudah disediakan.

Belajar membatik, menatah wayang di Curug KaliuripBelajar membatik, menatah wayang di Curug Kaliurip Foto: Rinto Heksantoro/

“Oh, boleh (belajar membatik) itu kan sudah disediakan gambar yang kecil-kecil biar gak repot. Buat pengunjung sudah disediakan kalau pingin mencanting. Kalau mau belajar samapai mahir ya tergantung kemampuan orang itu, kalau udah bakat bisa lebih cepat,” kata seorang pembatik, Wahidah (47) saat ditemui di area Curug Kaliurip, Rabu (15/5/2019) sore.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Hanifa Malida (15) sengaja datang untuk menghabiskan waktu sambil menunggu berbuka puasa di tempat itu. Karena merasa takjub, ia pun tak henti-hentinya berfoto selfie dengan kamera ponselnya.

Membatik di Curug KaliuripMembatik di Curug Kaliurip Foto: Rinto Heksantoro/

“Ya ini ngabuburit nunggu buka puasa sama temen bareng-bareng. Untuk buka sudah bawa bekal kok terus nanti dimakan di sini bareng-bareng. Spot fotonya disini banyak bagus-bagus, ini baru pertama ke sini, insyaallah kalau ada waktu ngabuburit lagi ke sini,” tutur Hani.

Penasaran dengan destinasi wisata keren yang satu ini? Silahkan ramai-ramai ngabuburit di Curug Kaliurip. Bagi yang tak sempat membawa bekal, jangan khawatir, karena warung makan yang menjajakan berbagai makanan juga siap melayani traveler saat waktu berbuka puasa tiba.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!