Selain Batu Ginjal Dorce Gamalama Juga Idap Diabetes

oleh

Uri.co.id, Jakarta kini sedang menjalani pengobatan tradisional untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal yang sudah dua bulan ini dideritanya.

Ternyata, tak hanya penyakit batu ginjal yang bersarang di tubuh . Aktris senior serba bisa ini juga menderita penyakit gula atau diabetes sejak beberapa tahun lalu.

Menurut Dorce Gamalama, penyakit tersebut diderita lantaran ia terlalu banyak makan dan ditambah oleh faktor genetik.

“Kalau gula sudah dari dulu cuma dulu, memang faktor makanan. Tadinya kan saya rakus tuh, apa saja dimakan. Nah, sebenarnya itu juga sudah turunan ya, dari ibu saya, nenek saya juga dapat (gula),” ujar Dorce Gamalama, saat dihubungi via sambungan telepon, Rabu (15/5/2019).

Tidak Boleh Depresi

Dalam penilaian Dorce sosok almarhum Mpok Nori adalah seniman yang total dalam berkarya. (Foto: M.Akrom/bintang.com)

Menderita dua penyakit sekaligus membuat Dorce Gamalama harus berusaha sebisa mungkin untuk tetap bahagia. Sebab penderita penyakit diabetes tidak boleh depresi karena akan mempengaruhi kadar gula yang ada di dalam tubuhnya.

“Sebenarnya sih, pokoknya saya enggak boleh drop. Artinya gini, saya enggak boleh depresi, saya enggak boleh memikirkan hal yang negatif. Memang (penderita) gula itu kan enggak boleh drop. Kalau dia drop, dia bisa mempengaruhi gulanya,” ujar Dorce Gamalama.

Konsumsi Gula

Saat Mpok Nori meninggal, Dorce Gamalama mengakui bahwa dirinya sempat memaki-maki Mpok Nori. Bagaimana ceritanya?

Meski menderita penyakit gula namun bukan berati Dorce Gamalama berhenti mengkonsumsi gula. Ia tetap menggunakan gula dalam setiap hidangannya namun pmanis khusus untuk penderita diabetes.

“Makanya harus tetap pakai gula, cuma gulanya yang manisnya dari alami. Kalau nggak pakai gula jagung, kayak gitu,” kata Dorce Gamalama.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!