Alasan Anda Harus Bayar BPJS Tepat Waktu Supaya Selalu Aktif Setiap Saat

oleh

Uri.co.id, Jakarta Sebagai salah satu kewajiban pemerintah kepada seluruh masyarakat Indonesia adalah memberikan fasilitas kesehatan. Fasilitas kesehatan tersebut dipegang oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan setiap orang berkewarganegaraan Indonesia wajib ikut serta dalam progam ini.

Program yang satu ini akan memberikan Anda pelayanan kesehatan di berbagai rumah sakit, baik negeri maupun swasta, secara cuma-cuma. Layanan yang akan diberikan oleh rumah sakit pun sangat beragam, mulai dari layanan rawat inap, tindakan medis, pelayanan kebidanan, obat-obatan, hingga mobil ambulans.

Selain itu, masih ada banyak lagi kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan BPJS. Apa saja?

1. Lebih murah dibanding asuransi swasta

BPJS memberikan tiga kelas yang bisa dipilih oleh setiap peserta. Kelas tersebut akan berpengaruh terhadap iuran bulanan dan fasilitas kesehatan yang akan didapatkan nantinya. Pastinya, semakin tinggi kelas yang dipilih, semakin banyak juga fasilitas yang didapatkan. Namun, setinggi-tingginya kelas yang diambil, iuran yang dibebankan pun tetap terjangkau.

Untuk kelas tertinggi atau kelas I, iuran yang harus dibayarkan tiap bulan adalah Rp 80.000 dan BPJS akan menanggung biaya rawat inap pasien dengan fasilitas kamar Kelas 1 di rumah sakit rujukan. Untuk kelas di bawahnya, Kelas 2 hanya dibebankan iuran sebesar Rp 51.000 dan Kelas 3 hanya Rp25.500.

2. Tanpa perlu Medical Check Up

Berbeda dengan asuransi swasta, Anda tidak perlu mengikuti beragam syarat untuk jadi peserta BPJS. Iuran asuransi swasta pun berbeda, tergantung dari usia dan tingkat kesehatan dari peserta asuransi. Namun, BPJS menerapkan syarat yang sama untuk semua orang. Anda hanya perlu mendaftarkan diri dan membayar iuran setiap bulannya.

3. Aktif seumur hidup

Sepanjang membayar iuran rutin setiap bulannya, Anda akan mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS. Program jaminan kesehatan dari pemerintah ini pun menanggung kesehatan tiap pesertanya seumur hidup. Sejauh ini, belum ada asuransi swasta yang mau menanggung biaya kesehatan peserta sepanjang itu.

Semua kelebihan itu bisa Anda dapatkan dengan catatan membayar iuran setiap bulannya sesuai dengan kelas yang Anda ambil. BPJS Kesehatan sebenarnya tidak memberikan denda atas keterlabambatan bayar setiap bulannya. Namun, keanggotaan Anda akan dinonaktifkan saat belum membayar iuran bulanan.

Status akan kembali aktif setelah Anda membayar iuran bulanan. Namun, jika dalam waktu 45 hari Anda sudah harus menjalani pelayanan kesehatan rawat inap, Anda harus membayar denda 2,5 persen dari total biaya kesehatan tersebut. Denda terbesar yang bisa dibebankan oleh BPJS kepada pasiennya terkait urusan ini adalah Rp 30 juta.

Untuk menghindari denda biaya kesehatan, alangkah baiknya Anda selalu rutin bayar iuran BPJS. Tidak perlu repot karena Anda bisa dengan Traveloka. Bayar melalui Traveloka App pun akan lebih mudah. Anda cukup memasukkan nomor peserta BPJS dan bayar dengan metode yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan Anda.

(Adv)

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!