Ini Tol Fungsional Jawa dan Sumatera yang Beroperasi Saat Mudik 2019

oleh

Serang – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memastikan ada beberapa ruas jalan tol yang akan difungsionalkan saat mudik Lebaran 2019 di Jawa dan Sumatera. Pemudik bisa melalui jalan tol ini dan difungsikan pada siang hari sampai pukul 17.00 WIB.

Anggota BPJT Agita Widjajanto mengatakan di Jawa ada seksi 4 Pandaan-Malang yang kemungkinan besar difungsionalkan untuk mudik. Sedangkan untuk seksi 1, 2, 3, menurutnya, resmi digunakan dan bahkan telah diresmikan oleh presiden. “Kalau bisa difungsionalkan kami akan coba fungsionalkan (seksi 4) sehingga teman-teman pemudik bisa keluar sampai Simpang Susun Pakis,” kata Agita di Serang, Banten, Rabu (15/5/2019).

Untuk di Sumatera, ia mengatakan ruas Jalan Tol Terbangi Besar sampai Jakabaring di Palembang juga dipastikan akan difungsionalkan untuk mudik. Jalan tol ini merupakan lanjutan dari Bakauheni di Lampung ke Terbangi Besar. Namun, karena proses konstruksi masih terjadi, pemudik diperbolehkan menggunakan ruas ini pada siang hari.

“Sehingga malam pemudik tidak bisa melihat, ada lubang malah jadi kecelakaan,” katanya.

Di Bakauheni-Tebangi Besar, menurutnya, belum ada rest area yang disediakan. Jadi, saat mudik nanti, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk penyediaan SPBU mobile dari Pertamina.

Selain itu, penggunaan jalan tol fungsional ini akan diatur oleh Korlantas Polri sebagai koordinator pelaksanaan mudik di lapangan. Jadi, saat terjadi kepadatan atau penggunaan di luar waktu yang ditentukan, mereka akan mengarahkan pemudik ke luar tol fungsional.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!