Ekspor RI ke China dan AS Turun

oleh

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor Indonesia pada April 2019 turun. Hal ini juga terefleksi pada impor menurut tujuan negara.

“Kalau dilihat pergerakan per negara, ekspor kita Januari-April ke Tiongkok alami penurunan, kalau April saja naik. Ke AS juga menurun,” kata Kepala BPS Suharyanto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

“Itu yang menyebabkan total ekspor kita mengalami penurunan 9,39% dan hampir ke seluruh negara. Tantangan perdagangan global semakin sulit,” tambahnya.

Sementara menurut provinsi, mayoritas ekspor Indonesia masih berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Timur dengan komoditas yang sama.

“Kalau Jatim biasanya perhiasan dan CPO, Jabar kendaraan dan bagiannya, mesin dan peralatan listrik. Kita masih punya PR bagaimana provinsi lain meningkatkan porsinya,” kata Suharyanto.

Adapun ekspor Indonesia pada April 2019 tercatat sebesar US$ 12,6 miliar. Angka ini turun 10,8% dibanding Maret 2019 (month to month) dan 13,1% secara tahunan.

Video Topreneur Terbaru di 20detik:

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!