Mendagri Sebut Ada Kepala Daerah yang Gengsi Tiru Daerah Berprestasi

oleh

Jakarta – Mendagri Tjahjo Kumolo menyebut ada kepala daerah yang gengsi meniru kesuksesan daerah lain. Hal itu, menurut Tjahjo, jadi kendala kemajuan suatu daerah, khususnya untuk mengembangkan program .

“Banyak kendalanya, karena ada gengsi sebuah kepala daerah atau beberapa daerah yang segan atau tidak mau untuk meniru daerah lain yang sudah berprestasi,” kata saat memberi sambutan dalam opening ceremony Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 di Hotel Santika Premiere, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Rabu (15/5/2019).Tjahjo mengatakan salah satu strategi untuk mewujudkan Gerakan Menuju 100 Smart City itu adalah mendorong pemerintah kabupaten/kota melakukan percepatan penyelesaian Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Saat ini baru ada 51 Perda RDTR.

“Saat ini terdapat 51 Perda RDTR yang telah disusun dan ditetapkan oleh pemerintah kabupaten/kota dari yang seharusnya 1.838 RDTR yang harus ditetapkan secara nasional,” ungkapnya.Dia juga menyebut beberapa kota yang masuk gerakan tersebut di antaranya DKI Jakarta dan Bandung. Dari 100 kabupaten/kota itu, ada 13 kabupaten/kota yang sudah menetapkan RDTR.

“Dikaitkan dengan 100 kabupaten kota yang ditetapkan masuk sebagai 100 kabupaten kota menuju kota cerdas terdapat 13 kabupaten kota yang telah menetapkan RDTR 13 persen dari total kabupaten kota yang masuk dalam program menuju 100 kota cerdas di tahun 2019, misalnya adalah Kota Medan Tanjung Pinang dan Bukit Bestarinya, kemudian DKI, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Surabaya,” paparnya.

“Saya mengimbau agar kepala daerah beserta jajarannya segera mengambil langkah langkah strategis untuk mendorong terlaksananya pengembangan kota cerdas di 100 kabupaten kota yang ada di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!