Mau Uang Tambahan saat Ramadan? Yuk, Mulai Bisnis Ini

oleh

Uri.co.id, Jakarta – Seharusnya bulan bisa menjadi bulan di mana seseorang bisa menghemat pengeluarannya. Namun sayangnya bulan Ramadan di Indonesia identik justru identik sebagai bulan dengan pengeluaran besar hingga menjelang hari Raya Idul Fitri.

Mengapa ini terjadi?

Sebab saat bulan harga kebutuhan pokok malah cenderung naik. Ditambah lagi dengan pengeluaran-pengeluaran tambahan seperti untuk buka puasa bersama hingga uang persiapan untuk mudik dan lebaran.

Selain itu, pengeluaran cenderung lebih besar dari pemasukan, untuk itu ada beberapa pilihan usaha atau bisnis sampingan yang dapat dipilih saat bulan Ramadan seperti ini untuk menambah pemasukan Anda. Mau tahu apa saja?

Berikut beberapa usaha sampingan yang dapat Anda kerjakan saat bulan seperti dikutip dari laman HaloMoney.co.id:

1. Jualan Takjil

Yuk, intip 5 menu buka puasa yang mampu mengembalikan kebugaran tubuh ini!

Jika Anda pandai dalam memasak maka cobalah belajar membuat takjil, karena ini merupakan salah satu jenis makanan dan minuman yang akan laku keras dijual pada bulan Ramadan. Jika Anda tidak bisa memasak, maka carilah teman atau saudara untuk bekerja sama menjalani bisnis musiman ini.

Jangan berekspektasi terlalu tinggi, Anda bisa memulai menjual takjil tersebut ke teman-teman di kampus atau kantor. Meskipun tidak banyak, namun lumayan bukan untuk menambah pemasukan selama Ramadan?

2. Jualan Baju Muslim

Ilustrasi/copyright shutterstock

Busana Muslim akan laku keras selama bulan Ramadan karena banyak yang mencari baju baru untuk merayakan Lebaran. Namun, jika Anda tidak memiliki budget yang cukup untuk memulainya, maka Anda bisa kerjasama dengan rekan atau saudara untuk menjalani bisnis ini.

Atau jika saudara sudah terlebih dahulu mempunyai bisnis ini maka Anda bisa membantunya untuk menjual atau mempromosikan barang dagangannya tersebut dan mendapatkan komisi atas baju yang telah berhasil terjual.

3. Menjual atau Menghias Parsel Lebaran

Pedagang merapikan parsel dagangannya yang dijual di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (6/6). Menjelang Hari Raya Idul Fitri, penjualan parsel para pedagang dadakan tersebut meningkat hingga 50 persen. (Uri.co.id/Immanuel Antonius)

Mendekati hari Lebaran tentu akan banyak orang yang mencari jasa penghiasan parsel atau orang-orang yang menjual parsel. Jika Anda memiliki keterampilan tangan yang cukup baik, maka cobalah usaha sampingan satu ini.

Anda bisa membeli terlebih dahulu semua isi barang parsel tersebut atau menunggu barang dari client baru menghiasnya. Usaha ini akan menghasilkan hasil yang cukup lumayan loh!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!