Pengacara Minta Eggi Sudjana Tak Ditahan: Beliau Kooperatif

oleh

Jakarta – Pengacara, Pitra Romadoni Nasution, mengajukan surat penangguhan penangkapan terhadap kliennya. Dirinya berharap Eggi Sudjana tidak ditahan dan dibebaskan dari dugaan makar.

“Saya tadi sudah coba masukkan surat penangguhan penangkapan. Ini kan istilahnya penangkapan itu 1×24 jam. Statusnya itu ada besok pagi, yaitu jam 05.00 WIB karena kan jam 05.00 WIB itu dikasih penangkapannya. Jadi jam 05.00 WIB pagi besok itu ditetapkan apakah dia ditahan atau dibebaskan,” ungkap Pitra kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019).Pitra berharap penyidik mengabulkan permohonan tidak ditahan. Dirinya dan keluarga Eggi berani menjamin Eggi akan kooperatif dan tidak melarikan diri selama menjalani proses hukum.

“Ini keluarga, baik dari istri anak dan saudara-saudara yang lainnya, telah menjamin langsung. Bahkan lawyer telah menjamin bahwa beliau ini kooperatif, tidak melarikan diri, atau selalu hadir dalam tahapan hukum yang ada, baik dalam berita acara pemeriksaan maupun proses hukumnya sampai bentuk persidangan kita hadir,” ungkapnya.

Saat ini, sebut Pitra, kliennya masih menjalani proses penggeledahan hukum. Menurutnya, Eggi diamankan seharian dan tidak diperbolehkan menggunakan ponsel.

“Di dalam itu dia namanya penangkapan, istilahnya penggeledahan secara hukum. Penggeledahan itu dia tidak boleh menggunakan HP, tidak boleh menggunakan lain-lainnya, dan dia istilahnya diamankan dulu sampai 1 hari satu malam,” ungkapnya.Selain itu, Pitra mengungkapkan alasan kliennya tidak mau diperiksa karena saksi ahli pihak Eggi tidak dihadirkan penyidik. Karena itu, dia meminta kepada Kapolri agar penyidiknya menghadirkan saksi ahli pihak Eggi di kasus ini.

“Saya rasa Polri cukup netral dan profesional dalam menangani perkara ini. Saya minta kepada Pak Kapolri, tolong hormati klien kami, tolong diperintahkan agar saksi ahli kami diperiksa, dimintai keterangan, dan menunggu praperadilan. Karena ini kan penetapan tersangka sedang diuji. Pengadilan yang berhak menjadikan dia tersangka atau tidak,” jelasnya.

Pitra mengaku sudah menyiapkan 8 orang saksi ahli yang ada di pihak .

“Refly Harun, Margarito Kamis, Muzakir, ada saksi fakta Amirullah Fahmi, dan lain lain. Jadi ada sekitar 8 orang, belum ada sama sekali yang dimintai keterangan,” sebut Pitra.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!