Kandidat Pimpinan DPR dari NasDem: Rachmat Gobel hingga Prananda Paloh

oleh

Jakarta – diprediksi akan mendapat jatah kursi pimpinan DPR untuk periode 2019-2024. Beberapa nama menjadi kandidat dari NasDem, seperti eks Mendag dan .

“Nanti setelah selesai penetapan hasil pileg oleh KPU RI, baru dibicarakan dan diputuskan oleh DPP NasDem. Ada beberapa orang kader potensial NasDem yang mempunyai kompetensi yang memadai untuk mengisi posisi dan tugas-tugas politik pada portofolio pimpinan lembaga dan AKD (alat kelengkapan Dewan) di DPR RI dan MPR RI,” ujar Sekjen NasDem Johnny G Plate kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).

Kandidat Pimpinan DPR dari NasDem: Rachmat Gobel Hingga Prananda PalohJohnny G Plate (Ari Saputra/)

Berdasarkan UU MD3 No 2/2018, kursi Ketua DPR diberikan kepada parpol dengan raihan suara terbanyak. Sementara itu, empat wakil pimpinan DPR menjadi jatah parpol pemenang pemilu sesuai dengan urutan.

Dari hasil hitung cepat dan rekapitulasi sementara, NasDem masuk 5 besar pemenang Pemilu 2019. Untuk itu, partai pimpinan Ketum Surya Paloh itu diprediksi mengamankan satu kursi pimpinan DPR.

“Nanti akan terbuka pada publik, saat sekarang masih pada tahap rekapitulasi di KPU RI. Taat asas saja dulu dan tidak elok jika mendahului KPU RI,” kata Johnny.

Meski begitu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin ini menyebut beberapa nama yang berpotensi menjadi kandidat pimpinan DPR. Nama-nama yang disebut Johnny merupakan caleg petahana maupun caleg yang diprediksi lolos ke Senayan.

“Dari NasDem ada tokoh senior, seperti Sekjen, Rachmat Gobel, Lestari Moerdijat, Sugeng Suparwoto. Ada juga tokoh muda seperti Prananda Surya Paloh,” tuturnya.

Rachmat Gobel merupakan eks Menteri Perdagangan yang, berdasarkan hasil rekapitulasi sementara, berhasil masuk ke DPR. Sementara itu, Prananda adalah petahana anggota DPR, yang merupakan putra Surya Paloh.

“Ada juga Achmad Ali, Bendahara Umum DPP NasDem, yang saat ini Ketua Fraksi NasDem,” ucap Johnny.

‘Ketua DPR: Pemerintah Tidak Otoriter, Tak Perlu People Power’:

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!