Terpaksa Utang Demi Mudik, Pertimbangkan Ini Dulu

oleh

Jakarta – Mudik menjadi salah satu kebutuhan hari raya banyak orang. Belum lagi bagi yang kangen keluarga di tanah rantau.

Namun, mudik pun membutuhkan dana yang tidak sedikit. Terlebih lagi dengan terus naiknya harga transportasi.

Perencana keuangan Andi Nugroho menilai seharusnya bila seseorang ingin mudik harusnya bisa menabung terlebih dahulu dari jauh hari. Namun, apabila memang ingin mudik tapi tidak punya tabungan, meminjam uang bisa saja jadi opsi.

“Beberapa orang kadang demi membahagiakan orang tua dan saudara mau belain pulang. Kalau kondisinya sialnya nggak punya tabungan ya otomatis harus utang, entah pakai pinjaman atau beli tiket pakai kartu kredit,” ungkap Andi saat dihubungi , Selasa (14/5/2019).

Meski menjadi opsi, Andi tetap mengingatkan agar jangan terlena dengan pinjam meminjam uang. Satu hal yang harus diperhatikan menurutnya adalah kemampuan untuk membayar, kalau memang tidak mampu membayar jangan menjadikan utang sebagai opsi untuk mudik.

“Kalau mau pakai cara itu kita harus bisa lihat kemampuan kita dulu, kalau nggak mampu ya jangan. Mampu minimal bayar cicilan terkecilnya lah, dan memang nggak kuat mau pulang ya dijalanin saja lah,” kata Andi.

Masalahnya, kalau mau menjadikan peminjaman uang opsi biaya untuk mudik, maka kita pun harus siap untuk menghadapi konsekuensinya. Apalagi kalau bukan membayar utang.

“Cuma memang kalau mau utang yang jelas ada konsekuensinya, ya lepas lebaran kita harus kerja keras bayar,” kata Andi.

Tonton video terbaru Topreneur, inspirasi bisnis kerajinan tangan beromzet Rp 30 juta/ bulan berikut ini:

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!