Efek Pemilu Serentak, Partisipasi Pemilih di Aceh Lampaui Target

oleh

Banda Aceh – Tingkat partisipasi pemilih di Aceh pada melampaui target. Jumlah masyarakat Tanah Rencong yang mencoblos mencapai 79 persen.

“Jika dibandingkan dengan Pemilu 2014 lalu, partisipasi pemilih mengalami peningkatan yang lumayan signifikan. Kalau dulu partisipasi dari berbagai indikator yang ada itu 72 persen. Tapi hari ini kita capai 79 persen,” kata Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Agusni kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).

Menurutnya, target pemilihan dalam Pemilu 17 April lalu yaitu 77 persen. Agusni menilai peningkatan pemilih ini disebabkan salah satunya karena Pemilu digelar serentak untuk memilih DPR dan presiden.

“Partisipasi pemilih 79 persen saya pikir ini adalah satu hal yang memang cukup bagus karena partisipasi masyarakat, ini masyarakat sadar akan pentingnya untuk hadir dalam rangka menentukan nasib bangsanya,” jelas Agusni.

“Iya sangat pengaruh (pemilihan presiden) karena Pemilu serentak. Hal ini menjadikan masyarakat luas untuk menunjukkan sikap dan pilihannya,” beber Agusni.

Meski demikian, Agusni menilai penyelenggara Pemilu serentak harus dikaji lagi terkait beberapa hal.

“Dari sisi efektivitas ya mungkin (dari segi) keuangan itu bagus dan sangat positif karena itu cukup banyak mengurangi cost itu sendiri. Tapi dari efektivitas lainnyaa ini perlu dikaji,” ujar Agus.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!