Puncak Mudik di Stasiun Yogya Diprediksi Terjadi 30 Mei 2019

oleh

Yogyakarta – Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, memprediksi puncak arus mudik di Stasiun Yogyakarta akan terjadi pada 30 Mei 2019. Diperkirakan 31.194 pemudik akan datang ke wilayah Daop 6.

“Puncak arus mudik nanti terjadi pada tanggal 30 Mei, ini sekitar 31.194 pemudik akan datang di wilayah Daop 6 (Yogyakarta),” kata Eko kepada wartawan di Yogyakarta, Selasa (14/5/2019).

Sementara untuk arus balik, pihaknya memprediksi akan terjadi pada 10 Juni 2019. Diperkirakan ada sekitar 38.785 penumpang akan diangkut dari stasiun-stasiun yang ada di wilayah Daop 6.

Eko menjelaskan, secara keseluruhan jumlah penumpang KAI di wilayah Daop 6 Yogyakarta selama arus mudik dan balik 2019 meningkat dibanding tahun lalu. Ia memperkirakan kenaikan berada di angka 4 persen.

“Kalau tahun lalu itu jumlah penumpangnya hanya 643.607 penumpang, kemudian untuk tahun ini kita sediakan tempat duduk sebanyak 669.416 penumpang, ini selama posko lebaran (2019),” katanya.

Sementara terkait ketersediaan tiket kereta api di Daop 6, lanjut Eko, kini hanya tersisa tiket arus balik. Sedangkan tiket kereta api untuk arus mudik sudah menipis bahkan nyaris habis.

“Untuk ketersediaan tiket Lebaran untuk arus mudik ke arah Yogya, Solo, ke arah timur ini memang beberapa KA sudah nyaris habis. Terutama tanggal-tanggal favorit,” jelas Eko.

“(Tiket) yang masih tersedia itu pas hari H lebaran, H+1 dan H+2 itu masih sedikit sisa. Untuk arus baliknya, jadi setelah lebaran ketiga sampai dengan lebaran kesepuluh baru terjual 47 persen,” sambungnya.

Eko menyarankan bagi masyarakat yang ingin memesan tiket kereta api untuk bersegera. Sebab, semakin mendekati hari keberangkatan kereta api diprediksi sudah tidak ada tiket yang tersisa.

“Maka segera, mumpung sekarang masih tersedia untuk segera membeli tiket. Untuk membeli tiket tidak perlu repot-repot, bisa lewat gerai-gerai yang ditunjuk, kemudian melalui aplikasi KAI Access juga bisa,” tutupnya.

“Petugas Kemenhub Berlatih Jadi Penyaji Informasi Angkutan Lebaran 2019”:

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!