Gagal Raih Kursi DPRD, Caleg Golkar Laporkan KPU Kota Surabaya

oleh

Surabaya – Seorang calon legislatif (caleg) dari , Agoeng Prasodjo melaporkan ke . Laporan itu terkait dengan adanya dugaan manipulasi suara miliknya yang mengakibatkan ia tidak lolos.

“Benar, saya melaporkan seluruh perangkat mulai dari KPU Kota Surabaya sampai bawahnya PPS Kelurahan Putat Jaya dan Simo Mulyo Baru,” kata Agoeng saat dihubungi lewat telepon, Jumat (10/5/2019).

Menurut Agoeng, laporannya telah disampaikan ke . Menurutnya, laporanya tersebut bukan merupakan konflik internal partainya, tetapi dengan para penyelenggara pemilu dalam.

“Saya melaporkan bukan konflik internal partai tapi saya melaporkan penyelenggaranya dalam artian PPS sampai KPU. Karena ini kesalahannya pada input datanya. Siapa yang imput data? Itu salah satu dari PPK,” tegas Agoeng.”Jadi di C1 itu jelas sampai C1 ke plano DAA1 yang ditulis tangan masih sama dengan C1. Begitu masuk di data komputer sudah berubah. Ada selisih. Jadi yang seharusnya itu yang caleg nomor 1 dapat 0 itu ngambil yang bawah dinaikkan,” imbuhnya.

“Jadi dapat 20 suara dapat 27 suara. Jadi modusnya menaikkan suara dari bawah dinaikkan ke atas sehingga suara saya juga hilang,” lanjut Agoeng.

Sementara itu Ketua Bawaslu Hadi Margo saat dikonformasi membenarkan ada caleg yang melaporkan perangkat KPU Surabaya dan petugas PPK di sejumlah kelurahan. “Benar, ada caleg yang melapor kepada Bawaslu kota dugaan pelanggaran administrasi dan pidana pemilu terkait proses rekapitulasi di sejumlah kecamatan. Yang dilaporkan KPU kota Surabaya, PPK Sawahan, PPK Sukomanunggal, PPS simomulyo baru dan PPS Putat jaya,” beber Hadi.

Laporan itu, lanjut Hadi, disertakan dengan berbagai bukti sebagai syarat formal laporan ke Bawaslu. Adapun syarat-syarat itu antara lain C1 di sejumlah TPS di 2 kelurahan fotocopy DAA plano, DAA kelurahan Putat Jaya, Simomulyo baru DA1 Kecamatan Sawahan dan DA1 Kecamatan Sukomanunggal.

“Syarat formil dan materil sejauh ini, memenuhi namun masih akan dibahas di pleno Bawaslu Kota Surabaya,” tandas Hadi.

Agoeng Prasodjo sendiri dalam pileg berada di nomot urut dari dapil 4 menempati meliputi Sukomanunggal, Sawahan, Gayungan, Jambangan dan Wonokromo dengan. Sedangkan suara yang diraih sebesar 4,692 suara.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!