Cegah Jadi Sampah, Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Belanja Baju

oleh

Uri.co.id, Jakarta – Belanja ragam barang, termasuk , mungkin telah sejak lama dijadikan cara melepas penat. Tak disadari bahwa, selain boros, kebiasaan ini berdampak buruk bagi lingkungan karena barang yang dibeli berpotensi jadi sampah.

Mengampanyekan untuk lebih peduli pada lingkungan, founder Salur Indonesia Andien Aisyah mengungkap, 1/3 pakaian akan dibuang para perempuan setelah dipakai rata-rata lima kali. Alhasil, sampah fashion kian menumpuk.

Juga, sebenarnya 70 persen pakaian di lemari masuk dalam kategori tak terpakai. Menyiasati kebiasaan buruk dan memberi dampak panjang pada lingkungan ini, Andien menuturkan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum belanja gila-gilaan.

Sadari nilai baju milik Anda

Baju baru mungkin mendatangkan sensasi tersendiri saat memakainya, tapi menghargai baju yang sudah dimiliki pun tak kalah penting. Sadari nilai baju Anda sendiri dan jaga mereka sebaik mungkin.

Perawatan ini membuat tetap bagus. Jadi, keinginan untuk memakainya lagi dan lagi sangat mungkin muncul. Tapi, kalau kancing lepas dan ada bagian sobek dibiarkan saja, ceritanya bisa lain.

Trik untuk Tidak Belanja Baju Secara Berlebihan

Ilustrasi baju bekas. (dok. pexels.com/Artem Beliaikin)

Beli yang hanya benar-benar Anda suka

Jika membeli baju tak bisa dihindari, memilih mana yang benar-benar Anda suka jadi alternatif terbaik. Jangan beli baju yang dalam pemilihannya ada ragu barang sedikit pun. Lalu, pertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkan baju tersebut atau sekadar ‘lapar mata’.

Pilih bahan berkualitas

Coba hilangkan prinsip murah dan dapat banyak. Lebih baik Anda membeli baju dengan harga sedikit tinggi, tapi kualitas bahannya bagus dan kemungkinan bakal awet. Usia baju lebih panjang secara otomatis mengurangi sampah fashion.

Beli baju bekas

Tetap modis tanpa membeli baju baru, kenapa tidak? Baju bekas yang notabene biasanya berharga lebih murah ini memungkinkan Anda bergaya unik, lantaran motif dan potongan bajunya hanya ada satu saja. Jeli memilih membuat Anda bisa bawa pulang baju bekas branded dengan harga miring.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!