Ini Syarat Jadi Imam Tarawih 8 Jam di Magetan

oleh

Magetan – Imam salat 8 jam di Magetan didominasi anak muda. Meski masih muda mereka sudah punya sertifikat kubro atau hafal Alquran.

“Kalau usia saya 18 tahun dan teman saya kelima imam lainnya usia 18 dan 19 tahun,” kata salah satu imam salat tarawih 8 jam, Ma’ruf kepada , Senin (13/5/2019).

Sambil menunggu giliran menjadi imam, Ma’ruf menjelaskan mengenai syarat atau orang yang memenuhi kriteria menjadi imam salat tarawih 8 jam. Dalam satu kali tarawih, ada 6 imam yang akan bergantian memimpin salat. Setiap imam kebagian membacakan 5 dari 30 juz Alquran. Jadi semua imam telah mendapat sertifikat kubro atau sertifikat hafal Alquran dari ponpes Al Fatah, Magetan.”Memang tidak semua bisa menjadi imam salat tarawih 8 jam. Ada syarat khusus sudah mendapatkan sertifikat kubro atau hafal bacaan Alquran 30 juz,” ujarnya.

Sertifikat kubro akan diraih melalui ujian. Penghafal Alquran harus membaca ayat-ayat suci dikelilingi banyak orang.

“Harus hafal membaca ayat Alquran tanpa membuka Alquran di hadapan para ustaz dan santri lain sambil duduk,” imbuhnya.Dalam tarawih 8 jam Ramadhan tahun ini, Ma’ruf tergabung dalam kelompok ustaz dan warga umum. Kemudian 5 imam lainnya dalam kelompok tersebut yakni Ali (18), Sidiq (19), Muzamil (20), Sarif (20), dan Muhammad (19). Semua imam berstatus santri.

Sebelumnya pelaksanaan tarawih di Masjid Darussalam Ponpes Ponpes Al Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Magetan mencuri perhatian. Di Masjid tersebut ada yang berlangsung selama 8 jam lantaran harus membacakan 30 juz Alquran dalam 23 rakaat salat sunah tersebut.

Ada 3 kelompok tarawih 8 jalan di ponpes tersebut. Yang terdiri dari kelompok ustaz dan warga umum serta 2 kelompok santri. Setiap kelompok memiliki 6 imam yang akan bergantian dalam satu kali tarawih. Setiap imam kebagian jatah membaca 5 juz Alquran.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!