ICW Soroti Tuntutan Rendah hingga Gejolak Internal, Ini Kata KPK

oleh

Jakarta – menyoroti sejumlah hal seperti rendahnya tuntutan pidana hingga gejolak internal selama kepemimpinan Agus Rahardjo cs di . Wakil Ketua KPK menilai wajar aspek-aspek tersebut disoroti oleh ICW.

“Tidak hanya ICW, semua warga atau kelompok harus menilai KPK dari approach masing-masing, dari sisi pendidikan, penindakan dan pencegahan,” kata Saut saat dimintai tanggapan, Minggu (12/5/2019).

Saut sendiri menitikberatkan soal sumber daya manusia hingga anggaran KPK. Dia menyebut, untuk menyembuhkan Indonesia dari penyakit korupsi, diperlukan 20.000 pegawai dan anggaran sebesar 0,2% dari total APBN.

“Dari sisi SDM yang saya minta 20.000 orang. Dari sisi APBN yang sebaiknya minimal 0,2% APBN dan lain-lain. Semua itu adalah harapan agar negeri ini cepat pulihnya,” jelasnya.

Dalam rapornya, ICW menilai pimpinan KPK lamban dalam menyelesaikan masalah internal. Terkait penilaian itu, Saut mengucapkan terima kasih.

“Jadi terima kasih buat ICW yang sudah mendorong agar KPK memiliki ‘highly speed action than talkashow only‘, bagus itu,” ujar Saut.

Saut juga mengajak agar para pemuda terbaik bergabung ke KPK. Dengan begitu, dia meyakini kasus korupsi di Indonesia akan semakin tergerus.

“Mari kita kirim sebanyak dan sebaiknya-baiknya pemuda Indonesia ke KPK biar KPK semakin keren karena memenjarakan lebih banyak lagi orang jahat, biar efek jeranya lebih cepat lagi,” ucap Saut.

Sebelumnya diberitakan, ICW dan Transparency International Indonesia (TII) memberikan penilaian terhadap kinerja komisioner KPK selama dipimpin Agus Rahardjo Cs. Dari sektor penindakan, ICW dan TII menilai tuntutan hukum KPK masuk dalam kategori ringan.

Kemudian soal sumber daya manusia, ICW dan TII menilai pimpinan KPK saat ini lambat merespons dan seakan tidak memiliki komtimen dalam menyelesaikan kisruh dan dugaan penghambatan proses perkara yang terjadi.

“ICW Desak Presiden Segera Bentuk Pansel Ketua KPK”:

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!