Damri Aktifkan Lagi Angkutan Rute Cikidang-Palabuhanratu

oleh

Sukabumi – Setelah sempat berhenti melayani penumpang pasca terjadinya kecelakaan PO Bus Jakarta Wisata Transport (JWT) di jalur leter S Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada September 2018 silam, kini Damri membuka kembali layanan penumpang.

Kali ini angkutan dengan rute Palabuhanratu-Cikidang itu menggunakan kendaraan yang berbeda dan diklaim lebih nyaman dibanding bus yang dulu beroperasi.

“Damri yang digunakan kali ini berjenis elf, dipastikan dapat menempuh setiap jalur yang terbilang ekstrem di Cikidang. Hari ini kita launching dan besok (Senin 13/5/2019) mulai beroperasi,” jelas Asep Setiawan, Operator UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan (P3) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Wilayah I Terminal Type B Palabuhanratu kepada awak media, Minggu (12/5/2019).Untuk memastikan kendaraan tersebut laik jalan, Asep menegaskan sudah melakukan serangkaian uji coba. “Sudah di cek kelaikannya oleh kepala terminal, kebetulan beliau dulunya penguji juga dan kita sudah konfirmasi ke Polres Sukabumi,” katanya.

Selain mempertimbangkan keamanan, penggunaan kendaraan angkutan type elf tersebut disebut lebih nyaman dan tangguh dibanding jenis bus 3/4 yang dulu sempat beroperasi di jalur tersebut.

“Kualitas layanan bandara, lebih nyaman dan bisa menampung sebanyak 13 orang penumpang ditambah 1 kondektur dan 1 sopir total 15 orang. Fasilitas AC juga disediakan. Tarif Rp 20 ribu per orang dan setiap harinya akan beroperasi 13 unit kendaraan,” ujar Asep.Kendaraan angkutan tersebut akan melayani jurusan Palabuhanratu-Cikidang dengan menempuh jarak kurang lebih 23 kilometer. Layanan angkutan umum rintisan tersebut sebelumnya sempat dihentikan setelah terjadinya kecelakaan bus JWT yang menewaskan 21 orang penumpang.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!