Beda Cara Reza eks NOAH dan Bjah Hijrah Lalu Tinggalkan Dunia Musik

oleh

Jakarta – Nama dan populer di band mereka masing-masing pada masanya. Tapi, kini keduanya sudah hijrah dan meninggalkan dunia musik.

Ilsyah Ryan Reza dikenal dengan Reza eks NOAH besar sebagai drumer terkenal. Namun keputusannya untuk keluar dari NOAH cukup mengagetkan karena dia sudah bergabung dengan Ariel cs selama 14 tahun.

Hengkang dari NOAH pada 2014, demi NOAH menjadi lebih baik jadi alasanpada saat itu. Reza merasa waktunya beribadah selalu terbentur dengan kegiatan NOAH.

Keluar dari NOAH, hasrat bermusik Reza mulai luntur. Pada tahun 2012 dia sudah mencoba bertahan untuk tetap di NOAH, tapi saat tur keliling kota dia lebih memilih untuk mengunjungi masjid dan bertemu pemuka agama.
Drum yang dipukulnya saat manggung bersama NOAH kala itu tak lagi bermakna untuknya. Hambar rasanya bermain drum,kini Reza benar-benar meninggalkan dunia musik.

“Terlepas dari itu semua hijrah itu full nggak membawa kenangan lama. Semua ditinggal. Hampir 100 persen, cuma manusia itu, rasa masih adalah. Masih main ya cuma sebatas itu saja. Alhamdulillah dengan itu semua terlepas,” cerita Reza kepada kala itu.

“Hampir semua saya tinggalin. Saya kenal teman-teman band mereka cuma kenal sebatas ya di agama aja. Selain itu nggak. Kadang saya ikut main kadang sama teman kaya Sunu, Rai, itupun nggak intens. Tapi, untuk kebutuhan (dunia) mesti ditinggalin,” pungkasnya.

Dia menegaskan tak lagi kangen dengan bermusik. Hanya saja Reza terkadang masih menonton aksi panggung NOAH dengan syarat tak ada orang lain di sampingnya.

Lain cerita Reza dengan . Mantan vokalis The Fly itu berubah drastis. Bjah tersangkut kasus foto mesra sampai narkoba dan keluar masuk penjara, dialaminya dan jadi kenangan kelam untuknya.

Memutuskan hijrah, Bjah bersalah karena dirinya sudah mengumpulkan ratusan bahkan ribuan orang hanya untuk menonton dirinya. Itu membuat Bjah merasa dirinya sudah menjadikan banyak orang jauh dari Allah.
“Mereka yang datang sama bukan mahromnya, datang melihat saya, abis kelar konser lalu berbuat zinah, siapa yang nanggung dosanya? Saya. Belum lagi orang-orang yang sangat mengidolakan saya. Melihat Bjah, betapa Bjah bejatnya keren rock and roll banget, setiap orang yang menjadi seperti itu karena saya, saya tanggung dosanya,” sesal Bjah saat berbincang kepada kala itu.

“Jadi di kesempatan ini saya memohon untuk lupakan yang lama. Jangan contoh Bjah yang lama. Lihat Bjah yang sekarang dan semoga saya minta tolong didoakan agar saya bisa terus istiqamah,” pintanya.

Bjah sekarang pun benar-benar memutuskan untuk berhenti bermusik. Dulu musik boleh saja menjadi tempat untuknya mencari uang.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!