Permukiman 3 RT di Kampung Bandan Terdampak Kebakaran, Api Sudah Padam

oleh

Jakarta – Kebakaran di permukiman padat penduduk di Kampung Bandan, Pademangan, Jakarta Utara, padam. Kebakaran ini melandan rumah warga di tiga wilayah rukun tetangga (RT).

“Jelang magrib tadi sudah selesai (pemadaman api). Keseluruhan (rumah yang terdampak) belum tahun persis, namun ada 3 RT lebih,” ujar Kepala Pemadam Kebakaran Sektor Pademangan, Sugiman, di lokasi, Kampung Bandan RT 11/005, Ancol, Pademangan, Jakut, Sabtu (11/5/2019).Sugiman mengatakan meski api sudah padam, namun masih ada warga yang menyirami rumahnya yang terbakar. Hal tersebut dikarenakan warga masih ada warga yang khawatir api menyala kembali.

Sejumlah warga ada yang menyelamatkan barang dari dalam rumahSejumlah warga ada yang menyelamatkan barang dari dalam rumah (Foto: Rolan/)

“Tadi masih ada (warga) yang khawatir, nyemprot sedikit sih ada. Intinya (di pemukiman warga) sudah selesai,” katanya.Pantauan , warga nampak masih ada yang berlalu-lalang di sekitaran lokasi kebakaran. Mereka membawa barang-barang yang masih bisa diselamatkan seperti televisi, kulkas, dispenser, dan kipas angin.

Ada juga warga memanfaatkan halaman sebuah ruko yang tepat berada di sebelah pemukiman untuk sekadar beristirahat. Ada juga warga yang menaruh barang terselamatkan di area ruko tersebut.Kebakaran di ruko tekstil, Grand Boutique, juga sudah padam sejak pukul 21.37 WIB. Petugas sempat kesulitan memadamkan api karena pintu ruko terkunci.

Diperkirakan ada ratusan rumah terbakarDiperkirakan ada ratusan rumah terbakar (Foto: Rolan/)

“Jadi kendala di ruko ini sementara rukonya dikunci, kita nggak bisa masuk ke dalam. Pemadam cuma dari luar. Penghuninya nggak ada dikunci,” ucap Sugiman.

Penyabab sementara kebakaran diduga berasal dari kompor. Namun, polisi akan menyelidiki penyebab pasti kebakaran ini.”Penyebab dugaan sementara ibu-ibu yang sedang masak di sini untuk persiapan berbuka puasa untuk bikin takjil. Jadi sementara itu, namun nanti ada penyelidikan lebih lanjut dari kepolisian,” katanya.

Ada sebanyak 20 mobil pemadam yang terlibat dalam pemadaman kebakaran yang terjadi sejak sekitar pukul 14.30 WIB ini. Tidak ada korban jiwa. Dua orang pemadam sempat dibawa ke rumah sakit karena mengalami sesak napas saat berjuang memadamkan api.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!