KPU Perkirakan Partisipasi Pemilih di DIY di Atas 82 Persen

oleh

Bantul – KPU DIY menyebut tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 melampaui target nasional. KPU menilai adanya peningkatan partisipasi pemilih karena Pemilu diadakan secara serentak.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan KPU telah menerima laporan dari 5 Kabupaten/Kota terkait tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Berdasar data rekap sementara terjadi peningkatan untuk partisipasi pemilih di DIY.

“Sudah melampaui target, dan ini saya kira capaian paling tinggi dibanding beberapa Pemilu sejak 2004. Tahun 2014 kemarin termasuk tertinggi kedua nasional dengan 80,02 persen, dan dugaan kami untuk Pemilu ini lebih tinggi lagi, mungkin di atas 82 persen dugaan kami,” ujarnya saat ditemui di ruang Yudhistira Jogja Expo Center (JEC), Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Sabtu (11/5/2019) malam.

“Dan menurut saya ini sesuatu yang baik dan sesuatu yang menggembirakan ya saya kira,” imbuh Hamdan.

Terkait penyebab meningkatnya jumlah pemilih yang berpatisipasi dalam Pemilu 2019, Hamdan mengaku belum bisa mengungkapkannya. Ia menduga ada beberapa faktor yang membuat partisipasi pemilih meningkat signifikan.

“Kalau penyebabnya apa harus ada riset yang mendalam soal ini, yang jelas kalau kita lihat memang antusiasme masyarakat untuk menggunakan hak pilih sangat besar,” katanya.

“Untuk dugaannya bisa karena Pemilu diserentakkan dan bisa juga karena sosialisasi yang cukup baik, atau bisa juga karena data pemilih lebih valid, maksudnya data pemilih lebih valid itu menggambarkan pemilih riil yang milih ke TPS, karena kalau tidak valid akan mempengaruhi partisipasi juga,” pungkas Hamdan.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!