Mau Bisnis Anda Tetap Aman Selama Ramadan? Lakukan 5 Hal Ini

oleh

Uri.co.id, Jakarta – Bulan menjadi bulan yang terpenting bagi sebagian umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan ini, akan banyak perubahan yang terjadi khususnya yaitu perubahan jam kerja.

Perubahan jam kerja ini tentu harus membuat para pelaku bisnis menyesuaikan jam kerja mereka agar usaha atau bisnis yang mereka jalani berjalan dengan aman.

Namun, ternyata bukan penyesuaian jam kerja saja yang harus disesuaikan. Ada beberapa hal lain yang dapat membuat bisnis Anda tetap berjalan dengan aman. Mau tahu apa sajakah itu?

Berikut lima hal yang harus Anda lakukan agar bisnis berjalan dengan aman selama bulan puasa seperti dilansir dalam laman Entrepreneur:

1. Usahakan Lakukan ‘Meeting’ Mulai Pagi Hari

Bekerja saat puasa tentu akan terasa sedikit lebih berat. Untuk itu, jika Anda memiliki jadwal meeting bersama rekan bisnis yang juga sedang berpuasa, lakukanlah itu pada pagi hari. Hal ini yang akan membuat fokus lebih baik.

2. Persiapkan Jadwal Kegiatan

Ilustrasi menulis jadwal hari pertama kerja dan beberapa minggu kedepan,

Untuk mempermudah segala kegiatan Anda selama bekerja, buatlah jadwalnya. Usahakan lakukan hal-hal yang sulit terlebih dahulu selama energi Anda masih tersimpan banyak. Ini akan membuat Anda lebih fokus, dan semua pekerjaan akan selesai tepat waktu.

3. Manfaatkan Waktu Buka Puasa Bersama untuk Mempererat Kolega

Ramadan menjadi bulan yang sangat tepat untuk menjalin silaturahmi, dan biasanya dalam bulan ini kebanyakan orang akan lebih ramah.

Untuk itu, manfaatkan waktu ini untuk mempererat hubungan Anda dengan kolega bisnis dan membangun jaringan yang baik. Gunakanlah waktu berbuka puasa untuk melakukan hal ini.

4. Jangan Lupa Perusahaan Anda untuk Beramal

Sedekah Ilustrasi (iStock)

Ramadan adalah bulan amal. Untuk itu, usahakan perusahaan Anda untuk beramal. Anda dapat mulai membagikan makanan berbuka, memberi donasi kepada orang-orang yang tidak mampu dan masih banyak hal lainnya.

5. Jangan Lupa Beri Ucapan pada Kolega Anda

Ini menjadi hal termudah namun cukup baik untuk membangun jaringan yang kuat dan harmonis antara Anda dengan rekan bisnis. Anda dapat mengirimkan ucapan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa” dan bahkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri” kepada rekan bisnis yang dimiliki.

Ini akan membuat Anda akan lebih mudah diingat oleh rekan bisnis hingga akhirnya kerja sama akan mudah terjalin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!