Kena Strok di Arab, WNI ‘Misterius’ Dirawat RSUD Al Ihsan Bandung

oleh

Kabupaten Bandung – Seorang WNI ‘misterius’ mengalami strok, yang pada 2018 dipulangkan ke Indonesia dari Arab Saudi, kini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kondisi kesehatan tenaga kerja wanita (TKW) tanpa identitas yang sekarang dinamai Aminah Shagar ini membaik dan akan dicek kembali kesehatannya oleh tim medis RSUD Al Ihsan.

Pemberian nama Aminah Shagar ini sesuai nama rumah sakit tempat TKW tersebut dirawat di Arab Saudi. Aminah bersama tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat tiba di RSUD Al-Ihsan, Jumat (10/5) siang. Sebelumnya, Aminah dirawat di Rumah Sakit RS Polri Jakarta.

Direktur RSUD Al Ihsan Undang Komarudin mengatakan secara garis besar pihaknya sudah mendapatkan data-data rujukan dari RS Polri Jakarta. Data-data tersebut nantinya akan dievaluasi kembali sesuai dengan kondisi pasien sesuai dengan hasil pemeriksaan di RSUD Al Ihsan.

“Kita mulai lagi asesmen pasien. Penyakit stroknya yang mana, posisinya di mana, apa perlu CT scan ulang atau tidak, kami ulangi lagi. Untuk memastikan kondisi pasien saat ini, di rumah sakit ini pasti berbeda dengan yang ada di Polri kemarin,” kata Undang.RSUD Al Ihsan akan memberikan asuhan perawatan dan medis secara intensif agar pasien benar-benar pulih serta boleh pulang.

“Paling lama perawatan pasien itu tiga sampai empat hari, pasien harus sudah sembuh. Ada target-target dari sudut penyakit yang bisa disembuhkan hingga tiga sampai empat hari, ada toleransi di tujuh hari. Strok paling banyak HCU hampir dua minggu perawatan totalnya,” tutur Undang.

Selain itu, kondisi pasien akan dikonsultasikan ke bagian rehabilitasi medik agar perawatan pasien lebih maksimal. Terutama perkembangan dalam berbicara dan pergerakan kaki serta tangan kanan Aminah yang masih kaku.

Sekadar diketahui, pada 2015 lalu Aminah ditemukan tergeletak di jalanan Arab Saudi dengan kondisi strok, tidak bisa mengingat identitas dan berbicara. Kemudian, pihak setempat membawanya ke rumah sakit untuk dirawat. Empat tahun lamanya dia dirawat hingga akhirnya diberi nama Aminah. Pada September 2018, Aminah dipulangkan dari Arab Saudi ke Indonesia.

RSUD Al Ihsan Bandung Rawat WNI 'Misterius' yang Strok di ArabKondisi kesehatan TKW tanpa identitas yang sekarang dinamai Aminah Shagar (duduk di kursi roda) ini membaik dan akan dicek kembali kesehatannya oleh tim medis RSUD Al Ihsan Bandung. (Foto: Wisma Putra/)

Kasi Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Dinkes Jawa Barat Ema Rahmawati menjelaskan kondisi pasien saat ini tergolong baik. Hanya tubuh sebelah kanan yaitu tangan dan kaki Aminah sulit untuk digerakkan.

“Komunikasi lisan masih sulit. Tangan kiri bisa dipakai untuk makan dan minum, tapi kalau duduk enggak bisa lama,” ujar Ema.

Soal pembiayaan, karena yang bersangkutan belum diketahui nama aslinya, menurut Ema, otomatis tidak memiliki nomor induk kependudukan. Pasien tidak bisa menggunakan fasilitas JKN KIS atau BPJS Kesehatan.

“Tapi di Jabar itu tetap menyediakan pembiayaan bagi masyarakat yang tidak di-cover oleh JKN atau BPJS. Bagi masyarakat terlantar, sesuai dengan Pergub Nomor 38 Tahun 2017, bisa dibiayai pasien seperti TKI ini,” tuturnya.

“Kalau Bu Aminah beda, pengecualian. Kami akan berkoordinasi dengan Dinsos dan Disduk, ke depan akan didaftarkan di KK Panti kalau beberapa waktu ke depan belum ketemu keluarga. Tapi insyaallah, ini melibatkan lintas sektor, mudah-mudahan cepat ketemu,” kata Ema menambahkan.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!