Persib Bandung: Menanti Sentuhan Magis Robert Rene Alberts

oleh

Bandung – kedatangan pelatih kawakan, , menjelang bergulirnya . Setuhan magis pelatih Belanda itu diharapkan bisa membangunkan Maung Bandung.

Saat turnamen pramusim jelang bergulirnya Liga 1 2019, Persib tampil kurang memuaskan. Skuat anyar yang dimiliki Maung Bandung belum bisa menunjukan kualitasnya.

Miljan Radovic, yang bertugas menjadi peracik strategi, tak mampu mengeluarkan potensi terbaik tim Pangeran Biru. Hal itu dibuktikan tersingkirnya Persib di fase grup Piala Presiden.

Supardi cs menelan dua kekalahan atas Persebaya Surabaya, TIRA Persikabo dan satu kemenangan dari Perseru Serui. Alhasil, Persib hanya finis peringkat ketiga dengan membukukan tiga poin.

Gagal di Piala Presiden, Persib menggantungkan harapan di Piala Indonesia. Saat itu, Persib lolos ke perempatfinal untuk berhadapan dengan Borneo FC.

Tapi, lagi-lagi Persib terpuruk dengan kekalahan 1-2 atas anak asuh Roberto Carlos Mario Gomez di leg pertama. Persib comeback dengan kemangan 3-2 di Bandung. Tapi, hasil itu tak meloloskan Persib karena kalah agresivitas gol di kandang lawan.

Persib Bandung: Menanti Sentuhan Magis Robert Rene AlbertsFoto: Mukhlis Dinillah

Belanja 10 Pemain Baru

Musim ini, Persib terbilang tidak memiliki komposisi skuat yang mentereng seperti Madura United dan Bhayangkara FC. Tapi, kombinasi pemain lokal dan asing yang ada cukup menjanjikan.

Barisan belakang Persib saat ini nampaknya cukup kukuh dengan kedatangan Fabiano Beltrame, Ahmad Jufrianto, Saepulloh Maulana dan Zalnando. Mereka memperkukuh pertahanan musim ini.

Komposisi barisan tengah Persib terbilang melimpah dengan hadirnya Frest Butuan, Abdul Aziz, Erwin Ramdani, Esteban Vizcarra. Termasuk Artur Gevorkyan dan Rene Mihelic yang diproyeksikan menyokong Ezechiel N’douasell sebagai barisan penggedor pertahanan lawan.

Meski belum bisa memperlihatkan kekompakan tim, kiprah rekrutan anyar patut ditunggu. Terutama bagi beberapa pemain yang bergabung setelah Piala Presiden dan Piala Indonesia.

Persib Bandung: Menanti Sentuhan Magis Robert Rene AlbertsFoto: Wisma Putra

Menanti Racikan Rene Alberts

Rene Alberts baru saja dipercaya membesut Persib menggantikan Radovic yang memilih mundur. Sebelum berlabuh ke Persib, Rene melalui proses penyembuhan penyakitnya.

Kiprah pelatih berpaspor Belanda itu cukup gemilang. Rene pernah membawa Arema Indonesia juara Liga Super Indonesia musim 2009-2010 dan runner up Piala Indonesia 2010.

Beberapa tahun berselang, pelatih 64 tahun nyaris mengantarkan PSM Makassar juara Liga 1 2018. Juku Eja hanya selisih satu poin dari jawara Persija Jakarta yang mengumpulkan 62 poin.

Dia juga pernah menjadi pelatih Timnas Malaysia U-19, Timnas Korea Selatan U-19, serta klub Liga Malaysia, Sarawak FA.

Pengalaman yang dimiliki Rene diyakini manajemen Persib bisa memaksimalkan skuat saat ini. Apalagi, Rene memastikan tidak akan mengubah komposisi skuat yang ada di musim ini.

“Window transfer hampir ditutup, jadi kita hanya akan lihat Persib, kita akan menggunakan pemain yang ada. Saya tidak perlu ubah banyak pemain sekarang,” kata Rene beberapa waktu lalu.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!