Soal Desakan dari Abraham Samad Cs, KPK Anggap Sebagai Usulan

oleh

Jakarta – menganggap desakan dari mantan Ketua KPK Abraham Samad dan Koalisi Masyarakat Sipil Anti-Korupsi soal transparansi dugaan pelanggaran kode etik terhadap pejabat internal sebagai usulan dari publik. KPK memastikan proses penyelesaian dugaan itu sudah diatur mekanisme yang berlaku.

“Kita menganggapnya sebagai kita mendengarkan usulan–apa namanya–perhatian dari masyarakat. Tapi kan penyelesaiannya diserahkan kembali pada mekanisme internal yang ada di KPK,” ucap Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019).

Siang tadi Samad bersama perwakilan koalisi yaitu peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana mendesak transparansi pemeriksaan internal terhadap 2 deputi yang bertugas di lembaga antirasuah itu. Mereka memberi argumen bila publik berhak tahu tentang apa yang terjadi di internal KPK.

Kurnia membagikan keterangan pers sebagai tuntutannya pada pimpinan KPK. Dia menyebut Deputi Penindakan KPK Irjen Firli diduga melanggar kode etik karena bertemu dengan mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) pada 13 Mei 2018.

Sedangkan soal Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, Kurnia mempermasalahkan tentang Pahala yang diduga mengirimkan surat balasan perihal pengecekan rekening pada salah satu bank swasta. Menurutnya hal itu janggal karena perusahaan yang mengirimkan surat itu ke KPK tidak sedang berperkara.

Menanggapi itu, Syarif menyebut proses pemeriksaan internal terhadap berbagai dugaan pelanggaran kode etik masih berlangsung di KPK. Sejauh ini menurut Syarif baru itu saja yang bisa disampaikan ke masyarakat.

“Itu sekarang masih berjalan prosesnya di KPK, jadi sebagai tambahan dari yang sudah berjalan itu kan ditambahi diperiksa, tapi kan seharusnya memang diperiksa supaya jangan simpang siur, apa betul apa tidak, jadi itu yang sedang berjalan, dan mudah-mudahan tidak juga lama prosesnya,” kata Syarif.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!