Berpotensi Kehilangan Satu Kursi, PDIP Trenggalek Laporkan Suara Hilang

oleh

Trenggalek – DPC PDIP mengklaim telah kehilangan puluhan suara dalam proses rekapitulasi hasil pemilu di Daerah Pemilihan I. Meski puluhan, jumlah tersebut mengancam potensi perolehan kursi di DPRD Trenggalek.

Ketua DPC PDIP Trenggalek, Doding Rahmadi mengatakan dari hasil penelusuran yang dilakukan tim internal partainya, dugaan kehilangan suara tersebut terjadi di empat TPS di Kelurahan Sumbergedong dan Surodakan, selain itu pihaknya juga menemukan adanya suara PAN yang tidak sinkron di TPS 12 Sumbergedong.

“Jadi temuan ini berawal dari adanya ketidaksinkronan antara suara suara sah dan tidak sah pada saat rekapitulasi di kabupaten, sehingga dilakukan perbaikan jumlahnya oleh KPU, namun kami tidak diberitahu persoalannya di mana ? makanya kami melakukan penelusuran,” kata Doding Rahmadi saat dikonfirmasi, Jumat (3/5/2019).

Hilangnya suara PDIP di empat TPS iti dengan rincian, TPS 4 Surodakan suara PDIP diduga hilang 2 karena pada DAA.1 tertulis 24 padahal dalam C1 plano 26 suara. TPS 12 Surodakan dalam diduga hilang 10, sebab pada DAA.1 16 sedangkan dalam C1 plano 26 suara.

“Kemudian TPS 20 Surodakan ada 6 suara hilang, di DAA.1 10 sedangkan dalam C1 plano 16, serta di TPS 16 Sumbergedong hilang 5, di DAA.1 22 dan di C1 plano 27. Sehingga total yang hilang ada 23 suara,” ujarnya.

Doding menambahkan, pihaknya juga menemukan suara PAN yang meragukan di TPS 12 Sumbergedong, sebab dalam DAA.1 PAN memperoleh 3 suara sedangkan pada C1 1 suara atau mengalami penambahan dua suara. Di sisi lain suara tidak sah pada C1 berjumlah 9 namun pada DAA.1 menjadi 8.

“Dengan temuan ini kami mengindikasikan ada permainan yang terstruktur sistematis dan masif (TSM) untuk menghilangkan suara masyarakat yang memilih PDIP,” imbuhnya.

Pihaknya, mengaku telah mengadukan persoalan tersebut ke Bawaslu. PDIP mendesak agar Bawaslu mengeluarkan rekomendasi melakukan penghitungan ulang di seluruh TPS di Surodakan dan Sumbergedong. Mengembalikan suara PDIP yang hilang serta menindak oknum yang terbukti menghilangkan suara rakyat.

“Seharusnya apabila suara PDIP tidak hilang maka akan mendapat jatah tiga kursi di DPRD Trenggalek dari Dapil I,” imbuhnya.

Akibat kehilangan suara itu PDIP terancam kehilangan satu kursi, sebab hanya terpaut satu suara dengan PAN.

Tonton juga video Kisah Anak Loper Koran Melenggang ke Kursi Dewan:

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!