Demo di Bawaslu Pali Sumsel Ricuh, 26 Orang Diamankan

oleh

Palembang – Aksi massa di kantor Bawaslu Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatera Selatan, berakhir ricuh. Delapan polisi mengalami luka dan 26 orang diamankan.

Informasi yang diterima , Jumat (3/5/2019), aksi digelar sejak pagi di KPU Pali. Massa aksi meminta dilakukan pemungutan suara ulang yang dinilai ada kecurangan, khususnya untuk pemilihan calon anggota legislatif.

Namun, karena saat itu KPU Pali sedang melakukan proses rekapitulasi, massa diminta melapor ke Bawaslu. Bahkan diberi tahu, jika dinilai ada kecurangan, hal itu harus dilaporkan kepada Bawaslu sebagai pengawas, bukan KPU.

“Informasi di lapangan, mereka sempat melakukan aksi di KPU, tapi diarahkan agar pindah ke Bawaslu. Nah, di Bawaslu ini terjadi ketegangan dan kericuhan,” kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Supriadi saat dimintai konfirmasi, Jumat (3/5/2019).

Massa yang meminta pemungutan suara ulang melempari petugas gabungan dari TNI, Satpol PP, dan Polri. Petugas gabungan pun coba menenangkan, tetapi kericuhan tetap terjadi.

“Massa ada yang melempari pakai botol minuman dan batu. Petugas keamanan coba bertahan dan meredam sampai ada delapan polisi mengalami luka kena lempar. Dua luka serius dan dijahit. Sisanya hanya luka ringan,” kata Supriadi.

Atas peristiwa itu, polisi mengamankan 26 orang yang diduga terlibat bentrok di lokasi. Seluruhnya diamankan di Polres guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Total 26 orang diamankan dan sedang diperiksa di Polres Muaraenim. Sejauh ini kondisi di lokasi sudah kondusif dan aman,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto belum memberi respons saat dihubungi. Beberapa kali panggilan telepon tidak dijawab.

Tonton juga video Aksi May Day di Bandung Ricuh, 2 Fotografer Dipukul Polisi:

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!