Sungai Lamong Meluap, Ratusan Rumah di Surabaya Kebanjiran

oleh

Surabaya – Banjir melanda Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Benowo, Surabaya. Akibatnya ratusan rumah di 6 RW terendam air kiriman dari Sungai Lamong.

“Penyebabnya karena volume debit air dari sungai Lamong cukup besar sehingga air sampai melebihi tanggul yang tingginya sekitar 3 meter,” kata Camat Pakal Tranggano Wahyu Wibowo kepada , Jumat (3/4/2019).

“Sekitar pukul 2.00 dini hari air sudah meluber tapi itu belum deras. Baru sekitar pukul 03.30 WIB air cukup deras dan merendam rumah-rumah warga sampai siang ini. Hampir menggenangi 6 RW di RW 2, 3, 4, 7, dan 8. Yang tidak kena RW 1 sama 6,” terang Tranggano.

Menurut Tranggano, saat air sudah tampak mengalir deras keluar tanggul, pihaknya langsung memberikan pengumuman di berbagai musala dan masjid setempat.

Foto: Amir Baihaqi

“Begitu air sudah mulai tinggi kita sudah woro-woro keluar melalui masjid dan musala. Dan kita juga menggerakan warga untuk antisipasi memasang sand bag. Kita kerja bakti untuk memasang sand bag yang ada di tanggul-tanggul di sisi Selatan di RT 2 dan RW 3, ujarnya.

Sedangkan untuk penanganan saat ini, lanjut Tranggono, pihaknya bersama BPB Linmas dan Dinas PU telah menyiapkan bantuan yang dibutuhkan seperti makanan dan transportasi. Meski banjir sudah merendam rumah mereka, tetapi warga belum bersedia dievakuasi

“Saat ini kita sudah sediakan makanan bagi warga yang rumahnya terdampak yang mengakibatkan tidak bisa masak. Untuk transportasi kita juga sudah siapkan sejumlah truk yang siap mengantarkan warga yang beraktifitas,” ujarnya.

“Warga sampai saat ini belum ada yang kita evakuasi. Karena saat ini masih menyelamatakan harta benda masing-masing di rumah. Tapi kita sudah siap siaga jika sewaktu-waktu akan ada evakuasi,” pungkasnya.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!