Fadli Sebut Pindah Ibu Kota Isapan Jempol, Luhut: Pemerintah Serius!

oleh

Jakarta – Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan buka suara soal kritik dari Wakil Ketua DPR Fadli Zon terhadap rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Fadli sebelumnya menilai rencana tersebut hanya wacana isapan jempol untuk pengalihan isu.

Luhut memastikan bahwa pemerintah serius ingin memindahkan ibu kota.

“Ya (permintaan) serius (ingin memindahkan ibu kota) kenapa nggak serius? masa main-main,” katanya ditemui di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Luhut juga merespons pernyataan Fadli Zon bahwa wacana pindah ibu kota bakal reda dengan sendirinya. Luhut memastikan pemerintahan saat ini bakal mengeksekusi rencana yang sudah disuarakan sejak pemerintah-pemerintah sebelumnya itu.”Kalau sekarang nggak ada masalah, anggaran pun nggak ada masalah karena itu multiyears program,” papar dia.

Luhut menekankan bahwa akan lebih baik jika Jakarta fokus menjadi pusat bisnis sementara ibu kota pemerintahan ada di wilayah lain yang memang memenuhi kriteria.

“Ini biarlah kota perdagangan, kita mencari kota pemerintahan. Nah kenapa? gempa bumi salah satu. Di sini (Jakarta) kan ada gempa bumi. Kalau nanti di mana mau dipilih (ibu kota baru) pilih salah satu kriterianya adalah jangan gempa bumi, terus lahan yang lebih luas sehingga pengembangannya juga bagus,” tambahnya.Fadli Zon sebelumnya menilai, rencana memindahkan ibu kota hanya wacana isapan jempol untuk pengalihan isu. Menurutnya, isu pemindahan ibu kota pernah digulirkan namun kemudian reda.

“Itu saya kira wacana isapan jempol saja untuk mengalihkan isu ya. Dulu juga begitu empat tahun, lima tahun yang lalu. Nanti juga reda sendiri,” kata Fadli.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!