Becamex Binh Duong Vs Persija: Kalah 1-3, Macan Kemayoran Tersingkir

oleh

Jakarta – Jakarta takluk 1-3 atas pada matchday kelima Grup G . Hasil ini memastikan Macan Kemayoran tersingkir dari ajang ini.

Berlaga di Go Dau Stadium, markas Becamex, Rabu (1/5/2019) Sore WIB. Persija tertekan oleh tuan rumah di awal laga. Becamex membuka peluang pada menit ke-8 lewat aksi Victor Mansaray.

Pemain asal Amerika Serikat ini menggiring bola nyaris dari setengah lapangan. Ia kemudian melepas sepakan dari luar kotak penalti yang masih tepat berada di pelukan Andritany Ardhiyasa.
Mansaray kembali mengancam pada menit ke-17. Kali ini sundulannya menyambut umpan silang dari sisi kanan masih menerpa mistar tim tamu.

Persija yang tertekan berusaha membalas. Pada menit ke-21, Macan Kemayoran juga punya peluang emas untuk membuka skor.

Rohit Chand yang melakukan tusukan dari sisi kiri berhasil mengirim umpan tarik yang mampu disambar Bruno Matos. Namun bola sepakan pemain asal Brasil ini masih menerpa gawang tuan rumah.

Kebuntuan di laga ini akhirnya pecah pada menit ke 38. Becamex mampu unggul 1-0 berkat gol Nguyen Anh Duc.

Gol ini tercipta lewat umpan panjang dari lini tengah yang mengarah ke jantung pertahanan Persija. Anh Duc yang berdiri di tiang jauh mampu mengontrol bola dengan baik. Ia kemudian melepas sepakan keras yang tak mampu dibendung Andritany.

Menjelang babak pertama berakhir, tuan rumah berhasil menggandakan kedudukan. To Van Vu yang menerima bola di sisi kiri pertahanan Persija sukses mengecoh Riko Simanjuntak. Ia mengakhiri aksinya lewat sepakan melengkung yang mengetarkan jala Persija.

Gol pemain bernomor punggung 28 tersebut sekaligus menutup babak pertama dengan skor 2-0 untuk keunggulan Becamex. Pada babak kedua situasi tak banyak berubah.

Wakil Vietnam tersebut masih mengusai jalannya laga. Mereka bahkan semakin menjauh 3-0 pada menit ke-51.

Tendangan terarah Wander Luiz dari luar kotak penalti tak mampu ditahan Andritany dan meluncur ke pojok kanan bawah gawang Persija. Skuat Ivan Kolev sempat memperkecil ketertinggalan di menit ke-71.
Memanfaatkan bola liar di lini tengah Bruno Matos menggiring bola menerobos kotak penalti Becamex. Penyelesaian apiknya ke tiang dekat berhasil mengubah skor menjadi 3-1.

Di waktu tersisa tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 3-1 untuk Becamex bertahan hingga laga berakhir.

Kekalahan ini memastikan Persija tersingkir dari ajang Piala AFC 2019. Meski mereka masih menyisakan satu laga lagi di ajang ini.

Bambang Pamungkas dkk menempati peringkat ketiga Grup G dengan empat angka dari lima laga. Persija sudah tak mungkin menyalip Becamex dan Ceres-Negros di urutan satu dan dua.

Sementara bagi tuan rumah, tambahan tiga poin ini memelihara asa mereka ke fase gugur. Becamex kini menempati peringkat kedua dengan 10 poin.

Mereka berpeluang mendampingi Ceres-Negros ke semifinal Zona ASEAN lewat jalur runner-up terbaik.

Susunan pemain : Becamex Binh Duong: Bui Tan Truong; Ho Tan Tai, RaboAli, Veniamin Shumeyko, Nguyen Anh Tai, Dinh Hoang Max, Nguyen Trong Huy, To Van Vu, Nguyen Tien Linh, Victor Mansaray, Nguyen Anh Duc

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa, Dany Saputra, Maman Abdurahman, Steven Paulle, Ismed Sofyan; Tony Sucipto, Rohit Chand, Bruno Matos; Riko Simanjuntak, Bambang Pamungkas, Novri Setiawan

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!